Kamis, 23 Juni 2011

Student Camp. Bukan Kemah Biasa.



 Bismillah
Tak terasa ujian akhir semester genap untuk tingkat SMA telah barakhir, sebagai pembuka liburan panjang kali ini Iqro’ Club mengadakan kegiatan motifasi. Iqro’ Club sebagai lembaga pembinaan akhlak pelajar mengambil momen ini untuk memperkenalkan urgensi tarbiyah dan indahnya ukhuwah. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari sabtu sampai ahad (18-19 Juni 2011) dipantai tangjung pinggir ini diikuti oleh pelajar-pelajar SMA dan sederajat yang notabenenya adalah pengurus Rohis sekolah masing-masing. Kegiatan yang bertajuk Student Camp ini diikuti oleh 108 peserta dari 7 sekolah di kota Batam. 

Kegiatan diisi materi-materi keremajaan yang sifatnya memotifasi peserta untuk mencari makna tentang pemuda muslim sesungguhnya. Materi-materi yang disuguhkan adalah Manajemen Waktu, Manajemen Cinta dan Dunia Islam Palestina serta juga ada mentoring per kelompok yang dipandu oleh para mentor. Walaupun sekilas terlihat seperti kemah biasa tapi kegiatan ini jelas beda dengan kemah-kemah pada umumnya. Peserta dan panitia tetap harus menjungjung tinggi nilai-nilai islam seperti sholat fardhu tepat waktu, Tilawah Qur’an, dzikir al-matsurat, sholat Qiyyamul Lail serta kultum setiap selesai Sholat yang disampaikan oleh perwakilan tiap-tiap kelompok Ikhwan. Selain itu ada juga TimDis (Tim Disiplin) yang tugasnya adalah memantau perilaku peserta yang mencangkup interaksi Ikhwan-akhwat, perkataan, kerapian tenda, dll. Jadilah student camp iqro’ club ini bukan camp biasa.

Malam hari diisi dengan acara Haflah (api unggun) dengan menampilkan keterampilan tiap kelompok. Dan dini harinya, yang mungkin bagian yang paling berkesan, yaitu jurit malam. Setelah melakukan sholat qiyyamul lail dengan disinari cahaya bulan purnama, Para peserta diminta menyusuri daerah tepian hutan dengan seorang peserta lainnya dari kelompok yang berbeda. Ini bertujuan untuk mendekatkan peserta dengan peserta dari sekolah lain dan juga agar kembali mendekatkan peserta dengan Allah.

Hari kedua, satu kegiatan yang mungkin juga tak terlupakan. Outbond. Ini yang paling dinanti, baik peserta ataupun panitia. Dengan memanfaatkan hutan di sekeliling lokasi perkemahan, tim outbond dari Batam adventure Club menyulapnya jadi area outbond yang seru. Sedikitnya ada enam permainan yang di siapkan. Semua melatih kekompakan, kepercayaan, keberanian, dan daya tahan tubuh yang kuat. Itulah yang diharapkan dari keseluruhan kegiatan ini. Melahirkan generasi-generasi muda yang sehat Fisik, ruhani dah ruhiyah.

Acara di tutup dengan upacara penutupan yang dipimpin oleh ketua Iqro’ Club Batam Bapak Hasbullah. Penyerahan hadiah-hadiah dan penyampaian pesan dan kesan dari peserta. sebelum penutupan ada acara makan bareng dengan menu special.

Akhir kata, penyelenggara berharap semoga dari ke 108 orang peserta ini akan selalu menjadi pemuda-pemuda yang semangat dan senantiasa istiqomah. Sehingga untuk yang kelas XII semoga bisa menjadi panitia di tahun depan dan untuk yang masih kelas X dan XI akan tetap semangat ikut kegiatan ini ditahun depan..
Sampai jumpa tahun depan dengan acara yang semakin spektakuler. Dengan semangat baru. Dan keistiqamahan yang semakin mengakar. Semoga wajah-wajahnya kian bertambah bukan berganti. Yang pasti, jika ikut acara ini harus rela menerima konsekuensinya, yaitu semangat yang menggebu, percaya diri yang membuncah dan keimanan yang bertambah. Keep hamasah. (MaTa) ^,^












Cerita ini merupakan cerita dari blog Mata_Hati

0 komentar:

Posting Komentar