Selasa, 28 Juni 2011

Batam kembali ukir prestasi bidang teknologi di tingkat Nasional

Politeknik Negeri Batam kembali membanggakan nama Batam di tingkat nasional. Kali ini Politeknik Negeri Batam berhasil mendapatkan prestasi juara harapan 2 dalam Kompetisi muatan roket indonesia (KOMURINDO) 2011 tingkat mahasiswa yang digelar di kabupaten Bantul, Daerah istimewa Jogjakarta.

KOMURINDO 2011 yang diselenggarakan oleh DP2M Ditjen DIKTI bekerja sama dengan UGM, LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), Pemkab Bantul, dan AAU (Akademi Angkatan Udara) ini berlangung sejak tanggal 25 hingga 27 juni 2011. Setelah melewati tahap uji fungsional dan uji muatan, dipastikan 23 tim yang lolos, 14 tim lolos uji fungsional pada sesi pertama, 9 tim lolos fungsional pada sesi retry.

Uji dimensi dan payload dan lomba uji fungsionalitas ini merupakan acara pembuka sebelum dilaksanakannya lomba peluncuran roket Minggu (26/6/2011) ini.  KOMURINDO tahun ini mengambil tema “Attitude Monitoring and Surveillance”.

Kompetisi ini diadakan untuk mendapatkan juara hasil rancang bangun muatan roket (payload) yang mampu kembali atau menuju sasaran yang telah ditentukan (homming), setelah terlepas dan terpisah dari roket peluncur seri RUM70-100-LPN. Roket ini berbahan bakar propelan padat dan dapat mencapai tinggi terbang 2 km.

berdasarkan pesyaratan kompetisi, muatan roket yang dilombakan pada KOMURINDO 2011 adalah berbentuk silinder berisi rangkaian elektronik dan sistem akuator yang berfungsi sebagai perangkat telemetri untuk meteorology dengan menggunakan tiga macam sensor, yaitu temperature, tekanan dan kelembaban, pemandu arah terbang muatan menuju sasaran menggunakan kompas dan bersifat autonomous sekaligus bisa berkomunikasi dengan sistem kendali operator di ground segment, ukuran dimensinya, diameter 100 mm, tinggi 200 mm dan berat maksimal 1.000 gram.

pengumuman para pemenang KOMURINDO 2011 dilaksanakan di Kompleks Parasamya, Pemda Bantul, Senin (27/6) sore. Dalam acara penutupan dan pengumuman pemenang tersebut hadir Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Dikti, Prof. Dr. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Direktur Kemahasiswaan UGM, Drs. Haryanto, M.Si., Sekda Bantul, Drs. Riyantono, M.Si., dan perwakilan dari AAU dan Lapan.
Berikut merupakan para pemenangnya :

JUARA I : 
EEPISky G-02 dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

JUARA II : 
Eagle One dari Politeknik Negeri Bandung

JUARA III : 
Starpens-01 dari PENS

JUARA HARAPAN I : 
RTS-X2 dari Universitas Komputer Indonesia Bandung

JUARA HARAPAN II : 
Barelang Sky-01 dari Politeknik Negeri Batam

JUARA HARAPAN III :  
MDP Ring dari STMIK MDP Palembang.

JUARA KATEGORI DESIGN TERBAIK : 
Gama-Sat 1 dari UGM

JUARA KATEGORI TERFAVORIT :  
Mata Dewa dari Universitas Negeri Surabaya

JUARA KATEGORI KREATIVITAS TERBAIK : 
Electron Legacy dari ITB

Dalam Komurindo tahun ini, juara 1 memperoleh uang pembinaan 10 juta rupiah, sedangkan juara 2 dan 3 berturut-turut berhak atas uang pembinaan 8 juta dan 6 juta rupiah. Untuk juara harapan 1-3, pemenang mendapatkan uang pembinaan sebesar 4 juta rupiah. Dan untuk juara di kategori berhak mendapatkan tropi dan piagam serta uang pembinaan sebesar dua juta rupiah. Penghargaan kepada pemenang 1-3 diserahkan langsung oleh Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Dikti, Prof. Dr. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo.

Adapun personil tim barelang SKY-01 dari Politeknik Negeri Batam adalah Fariz Ridha, Rahman Arif dan Topik yang dibimbing oleh Aditya Darma, S.st. atas prestasi yang diraih ini fariz mewakili rekan-rekannya sangat bersyukur dan berupaya untuk lebih baik lagi ke depannya.

“Alhamdulillah kami sangat gembira sekali, karena kami dapat juara harapan 2 dari seluruh universitas di indonesia. Ini merupakan keikutserataan awal kami di KOMURINDO sehingga harapannya ke depan kami bisa menjadi lebih baik lagi” ujarnya.(nm)

0 komentar:

Posting Komentar